Wong Cerdas

Aneka Resep Kue Bolu, memberikan cara membuat kue bolu kukus dan panggang dengan berbagai bentuk dan rasa, seperti bentuk gulung dengan rasa, Coklat, Keju, Pisang, Pandan, Caramel dan lain sebagainya.

Sabtu, 27 Januari 2018

Resep dan Cara Membuat Bolu Labu Kuning Panggang

Resep bolu labu kuning panggang ini terpikirkan ketika melihat sisa bahan dari pembuatan puding labu. Seperti yang kita ketahui olahan labu kuning memang sering di jadikan beberapa jenis kue, seperti Puding, Pie, Kolak, Kue bolu dll.

Selain memiliki aroma dan rasa yang lezat ketika di jadikan kue. Warna dari Labu kuning yang  disebabkan oleh kandungan beta-karotena, merupakan salah satu provitamin A dan juga sebagai antioksidan. Sehingga sangat baik bagi tubuh, bila kita konsumsi.


Cara membuat bolu labu kuning panggang memang cukup ribet di banding membuatnya menjadi puding. Nah ... berikut bahan dan langkah - langkah  membuat labu kuning panggang yang bisa Bunda dan Sista Ikuti.

Baca juga : Resep Bolu Kojo Khas Palembang - Mantap

Bahan-bahan:
  • 175 gr Pure Labu kuning
  • 4 btr Telur
  • 225 gr Tepung Terigu Protein Sedang (Segitiga Biru)
  • 225 gr Gula Kastor (gula pasir dengan butiran halus)
  • 200 gr Margarine (Blue Band Cake & Cookie)
  • 30 gr Susu Bubuk (Indomilk)
  • 30 gr Tepung Maizena
  • 2 sdt Baking Powder
  • 1/2 sdt Vanilla Bubuk
  • 100 ml Susu Cair (Indomilk Full Cream)

Cara Membuat :

1. Panaskan Oven 180 c api atas dan bawah dan siapkan loyang berdiameter 24 cm dan tinggi 10 cm.

2. Potong - potong 175 gr labu kuning, kupas kulitnya, cuci lalu tiriskan. Kukus labu kuning kurang lebih selama 15 menit. Setelah itu haluskan menggunakan garpu atau sendok.sisihkan


3. Siapkan mangkok dan masukan tepung, susu bubuk, tepung maizena, banking powder, vanili bubuk. Aduk menggunakan alat pengaduk adonan biasa ( bukan mixer ) sampai merata.Ayak campuran tersebut agar tidak ada bahan yang menggumpal.


4. siapkan wadah lagi dan masuk gula kastrol dan margarin. Kocok menggunakan Mixer berkecepatan tinggi sampai merata ( kurang lebih 1,5 menitan). setelah itu masukan labu kuning yang sudah di haluskan dan kocok dengn kecepatan tinggi sekitar 35 detik samapai merata. Dan sambil terus di aduk masukan 4 telor satu persatu sampai tercampur merata dan mengembang kurang lebih 1,5 menitan. Sambil terus di aduk masukan tepung yang sudah dicampur dan diayak sedikit - sedikit bergantian dengan susu cair sampai semua bahan habis dan adonan tercampur merata. Kuran lebih 2 menitan.


5. Masukan adonan ke dalam cetakan bolu dan ratakan menggunakan spatula.


6. Kemudian masukan ke dalam oven dan panggang pada suhu 180c dengan menggunakan api bawah selama 55 menit pertama. Baru setelah itu gunakan api atas dan bawah selama 10 menit.

7. Setelah matang cek tusuk lidi pada adonan untuk memastikan bolu labu kuning benar - benar sudah matang. Dinginkan sebentar baru kemudian kue bolu labu kuning siap di hidangkan.

Itulah resep bolu panggang labu kuning yang bisa Anda coba dirumah. Walaupun terlihat mudah, langkah - langkah  diatas harus kamu perhatikan dengan baik agar hasilnya tidak gagal atau bantat.

Baca Juga : Resep Bolu Kemojo Sederhana Khas Pekan Baru Riau

Cake labu kuning panggang sederhana ini bisa Anda sajikan bareng keluarga dan sahabat sebagai cemilan saat berkumpul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar