Wong Cerdas

Aneka Resep Kue Bolu, memberikan cara membuat kue bolu kukus dan panggang dengan berbagai bentuk dan rasa, seperti bentuk gulung dengan rasa, Coklat, Keju, Pisang, Pandan, Caramel dan lain sebagainya.

Rabu, 13 Desember 2017

Tips Membuat Kue Bolu Agar Tidak Bantat dan Gagal

Tips Membuat Kue Bolu Agar Tidak Bantat dan Gagal  - Kecewa dan kesel pastinya saat sedang semangat - semangatnya membuat kue bolu tapi pas sudah jadi, hasilnya malah bantat dan gagal. Tak usah kecewa dan kapok untuk membuat lagi, karena bila Anda tidak mencoba tentu tidak tahu seperti apa membuat kue bolu itu sehinnga Anda akan tahu bagaimana membuat kue bolu yang bagus dan mengembang tanpa takut bantat dan gagal.

kenapa bolu kukus tidak mengembang ..?

Tips Membuat Kue Bolu Agar Tidak Bantat dan Gagal

Penyebab Bolu Kukus Bantat

Dalam membuat kue bolu di butuhkan teknik yang tepat supaya hasil kue tidak bantat dan gagal. Untuk itu perlu sekali Anda mengetahui beberapa penyebab dari masalah ini.

Berikut beberapa penyebab hasil pembuatan kue bolu menjadi bantat atau gagal :

  1. Bila Anda menggunakan telur dengan keadaan dingin, bisa mengakibatkan telur sulit naik ketika dikocok.
  2. Wadah dan Alat basah dan bermiyak
  3. Terlalu banyak baking powder,
  4. Proses mengocok tidak rata, sehingga adonan tidak stabil dan mengakibatkan hasil kue menjadi bantat
  5. Mencampur tepung terigu secara langsung tanpa di ayak atau perlahan, sehingga proses mengaduk menjadi lebih berat dan udara dari telor terbuang dan terigu menjadi gluten atau liat.
  6. Proses pencairan mentega sampai mendidih, sehingga cake menjadi berminyak tapi tidak moist (lembab). 
  7. Mentega cair dan telor belum tercampur rata, masih ada yang tertinggal di dasar mangkuk. Sehingga mengakibatkan endapan keras di dasar kue.
  8. Memasukan Endapan cairan putih telur dalam adonan mentega-telur (dalam pembuatan butter cake). Tinggalkan cairan ini karena akan membuat kue bantat. Ambil bagian busanya saja.
  9. Penambahan bahan cair lain (misalnya: susu) dalam keadaan dingin. Semua bahan sebaiknya berada pada suhu ruang.
  10. Tidak melakukan pembuangan udara pada adonan dengan cara membantingnya dengan lembut beberapa kali ke atas meja. Akibatnya kue mengembang berlebihan di dalam oven, tapi segera mengempis di luar oven.
  11. Oven belum cukup panas ketika adonan masuk, akibatnya adonan terlanjur turun sebelum sempat mengembang.
  12. Kesalahan dalam mengatur besar kecilnya api. Api terlalu besar akan menghanguskan bagian luar cake sementara tengahnya belum matang. Api terlalu kecil akan membuat adonan terlanjur turun sebelum sempat mengembang. Selain itu Panas oven yang tidak rata, mengakibatkan kue miring atau matang/hangus sebagian.
  13. Terlalu lama memanggang, mengakibatkan kue menjadi kering, tidak moist lagi. Jika kue belum matang setelah waktu yang dianjurkan, tambah waktunya kurang lebih 5 menit. Selalu lakukan test, dan segera angkat kue setelah lidi yang digunakan untuk menusuk kue keluar dalam keadaan bersih.
  14. Membuka oven saat pemanggangan berlangsung. Suhu oven akan turun dan jika struktur kue belum kokoh, maka kue akan kempis (turun). Jika ingin membuka pintu oven, lakukan paling cepat setelah ¾ waktu pemanggangan atau sekitar 15 menit. 

Tips Membuat Kue Bolu kukus mekar dan lembut

Setelah mengetahui beberapa penyebabab kue bolu menjadi bantat, tentu Anda sudah apa saja kesalahan yang Anda lakukan saat membuat kue bolu dengan hasil yang gagal. Berikut juga ada beerapa tips agar bolu kukus mekar dan lembut.

1. Perhatikan Kualitas Bahan


Pastikan dahulu bahan – bahan resep bolu kukus memiliki kualitas yang baik.  Dan jangan gunakan telur yang baru keluar dari kulkas, sesuaikan terlebih dahulu dengan suhu ruangan.

2. Peralatan Yang Anda Gunakan


Siapkan perlatan yang akan anda gunakan untuk membuat kue bolu dan pastikan perlatan tersebut besih dan kering dari air, minyak dan noda cair apapun.

3. Proses Pencairan Mentega

ketika mencairkan mentega jangan terlalu mendidih, pokoknya asal cair meskipun enggak panas gak papa.

4. Pemilihan Bahan Pengembang 


Ada beberapa pengembang kue yang biasa di gunakan dalam membuat kue bolu seperti :

Cream of Tar-Tar 

Bahan ini biasanya ditambahkan saat mengocok putih telur dalam proses membuat  kue bolu, maupun kue lain yang memerlukan kocokan putih telur sampai mengembang dan lebih kaku. Untuk nama mereknya ada McKenzie’s, Koepoe-Koepoe, dan McCormuck.

Baking Soda/ Soda Kue

Ada beberapa merek baking soda seperti , Baking Soda Arm & Hammer, Koepoe-Koepoe dan Pesawat Angkasa.

Baking Powder

Ada dua jenis untuk backing powder di antaranya single acting baking powder dan double acting baking powder.

Double acting baking powder memiliki efek mengembangkan lebih kuat dibandingkan dengan single acting baking powder. Sedangkan untk Efek pengembangan double acting baking powder ini bekerja saat adonan dibuat dan saat dipanggang. dikukus atau digoreng.

Untuk merek yang di jual ada  Royal, Hain, Davis, hercules,  U-88, Suparize, Pesawat Angkasa, dan Koepoe-Koepoe.

Kamu bisa menggunakan salah satu bahan pengembang tersebut sesuai dengan kebutuhan kue bolu yang akan di buat ...

5. Air Soda Manis


Sebenarnya banyak bahan cair bisa digunakan untuk membuat bolu kukus, seperti air biasa, susu cair, santan, air kelapa, atau air soda manis. Akan tetapi, jika ingin resep bolu kukus yang dibuat menghasilkan bolu yang mekar sempurna dan empuk, maka bisa dicoba dengan menggunakan air soda manis. Hanya saja adonan bolu kukus tersebut lebih baik tidak dicampur lagi dengan baking soda atau baking powder. Sebaiknya air sudah mendidih, beberapa saat sebelum cetakan berisi adonan dimasukkan.

6. Waktu dan kecepatan Mengocok Adonan


Waktu yang diperlukan dalam pengkocokan gula dan telur menggunakan mikser kecepatan tinggi relatif lebih lama dibanding bolu pada umumnya. Hal ini dikarenakan agar banyak udara yang masuk ke dalam adonan. Saat pertama mengocok telur, dengan gula dan emulsifier gunakan mikser dengan kecepatan rendah. Kemudian baru naikkan kecepatan mikser supaya adonan mengembang dan naikkan ke kecepatan paling tinggi untuk mengokohkan adonan. Lama mengocoknya juga harus disesuaikan. Kalau terlalu cepat berhenti, adonan akan kurang stabil dan cepat turun bahkan selama masih dipanggang.

 Kocoklah telur sampai adonan benar-benar mengembang, kental dan berwarna putih bersih. Cirinya dapat dilihat jika adonan resep bolu kukus diangkat dan dibalikkan maka akan jatuh secara lambat.

7. Cetakan


Cetakan yang tepat bisa mendukung supaya adonan pada resep bolu kukus bisa merekah secara maksimal. Tentu akan lebih baik jika menggunakan cetakan bolu kukus yang berlubang-lubang dari bahan plastik atau alumunium. Kertas cup yang digunakan juga sebaiknya juga tidak terlalu tebal atau tinggi supaya adonan bisa lebih gampang mekar. Rapikan kertas cup agar pas menempati cetakan bolu. Isi cetakan sampai penuh dan kukus dalam jumlah secukupnya. Tujuannya adalah agar ada celah untuk uap panas bisa naik sehingga adonan matang dan merekah secara sempurna.

8. Kukusan


Saat mengukus jangan lupa untuk membungkus penutup kukusan dengan kain dan sejenisnya. Hal ini bertujuan agar uap air kukusan tidak jatuh kembali ke dalam adonan. Dengan demikian, adonan bisa matang merata dan mekar sempurna.

Baca Juga : 4 Resep Cara membuat Kue Bolu Kukus Lembut Dan Enak

Nah, itulah beberapa tips membuat kue bolu agar tidak bantat dan gagal yang bisa kamu perhatikan, sebelum membuat resep kue bolu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar