Wong Cerdas

Aneka Resep Kue Bolu, memberikan cara membuat kue bolu kukus dan panggang dengan berbagai bentuk dan rasa, seperti bentuk gulung dengan rasa, Coklat, Keju, Pisang, Pandan, Caramel dan lain sebagainya.

Selasa, 26 Desember 2017

Resep Bolu Pelangi Menggunakan Santan Kara

Resep Bolu Pelangi Santan Kara – Setelah sebelumnya saya memberikan cara membuat bolu pelangi tanpa mixer. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi resep bolu kukus pelangi lagi yang saya temukan di belakang kemasan santan kara ketika membelinya di warung dekat rumah.

Yah...santan kelapa kemasan yang sering kita gunakan sebagai bahan tambahan bumbu sayuran ini ternyata bisa kita gunakan juga  sebagai bahan tambahan  dalam membuat kue bolu kukus. Santan kara memang sering membagikan berbagi aneka resep masakan dan  cake di belakang kemasannya, termasuk kue bolu pelangi ini. Dan setalah saya mencoba membuatnya, hasil bolu pelangi dari santan kara terasa begitu lezat dan gurih hingga membuat anak – anak begitu lahap memakannya.

Untuk membuat kue bolu pelangi ini sebenarnya tak jauh benda dengan resep yang sebelumnya saya bagikan. Hanya saja ada beberapa tambahan bahan khusus seperti halnya Santan Kara ini.

Nah..berikut resep bolu pelangi dari belakang kemasan santan kara yang bisa Bunda buat di rumah.

Resep Bolu Pelangi Menggunakan Santan Kara

Porsi :
  • 2 kue bolu pelangi
  • ukuran loyang 20 CM
  • tinggi kue berkisar 5 cm
Bahan - bahan :
  • 200ml santan Kara
  • 500gr gula pasir
  • 100ml minyak sayur
  • 350gr tepung terigu
  • 8 btr telur ayam
  • 1 sdm TBM dan 1/2 sdt VX....biasanya aku cukup pakai 1 sdm emulsifier apa aja
  • essence/pasta/pewarna pandan (hijau) dan strawberry (merah)
  • 1 sdt vanili
Cara membuat :
  1. Siapkan Loyang  atau cetakan dan olesi dengan margarin kemudian kasih alas roti dan olesi lagi dengan margarin ( tipis – tipis aja )
  2. Siapkan panci pengukus dan panaskan 
  3. Mulai buat adonan ya....
  4. Siapkan wadah dan masukan telur dan gula pasir kocok sampai hingga mengembang, masukkan emulsifier dan kocok lagi sampai mengembang sempurna berwarna putih dan kaku.
  5. Masukan tepung terigu aduk  denagan teknik balik menggunakan spatula  lalu masukan minyak sayur, santan kara serta vanili dan aduk lagi sampai merata ( untuk menjaga adonan supaya tidak turun karena overmixed ).
  6. Bagi adonan menjadi 3 bagian, adonan pertama beri pasta pandan (hijau), adonan kedua beri pasta strawberry (merah) sedangkan adonan terakhir biarkan polos.
  7. Tuangkan adonan merah ke loyang, kukus hingga matang, kurang lebih 10-15 menit. Seperti biasa utk mengetahui adonan sdh matang bisa lakukan tes tusuk. kemudian masukan adonan putih kukus lagi hingga matang dan terakhir masukan adonan warna hijau. Kukus hingga matang semuanya kemudian angkat dan dinginkan. Baru bisa kita keluarkan dari loyangnya.....
  8. Kue bolu pelangi santan kara siap di sajikan
Demikianlah resep bolu pelangi santan kara yang bisa saya sampaikan. Selamat mencoba

3 komentar: