Wong Cerdas

Aneka Resep Kue Bolu, memberikan cara membuat kue bolu kukus dan panggang dengan berbagai bentuk dan rasa, seperti bentuk gulung dengan rasa, Coklat, Keju, Pisang, Pandan, Caramel dan lain sebagainya.

Kamis, 18 Januari 2018

Resep Bolu Gulung Rainbow Panggang Gurih

Aneka Resep Bolu - Raibnbow cake roll atau kue bolu gulung pelangi merupakan kue yang terdiri dari berbagai warna dengan bentuk gulung dan isian rasa di tengahnya. Yah... Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi resep bolu gulung rainbow dengan teknik panggang.

Dalam membuat bolu gulung rainbow/pelangi ini kita hanya melakukan satu kali panggang saja, yang tentu berbeda dari resep bolu gulung kukus sebelumnya yang sudah saya bagikan dengan proses memasak berkali - kali pada setiap warna adonan yang di siapkan.

Akan tetapi bila Bunda suka yang lembut maka teknik kukus adalah opsi yang harus di pilih, sedangkan bila yang suka ada gurih - gurihnya, maka teknik yang harus di gunakan adalah di panggang.

Resep Bolu Gulung Rainbow Panggang Gurih

Berikut bahan dan cara membuat bolu gulung panggang raibow yang bisa Bunda ikuti.

Bahan - bahan :
  • 1/2 cangkir tepung terigu
  • 4 kuning telur + 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm susu
  • 2 sdm minyak sayur
  • 1 sdm tepung jagung
  • 4 putih telur + 1/4 cangkir gula pasir
  • pewarna makanan
Bahan Isian ( Sesuaikan sesuai selere )
  • 1 cangkir whipping cream
  • 1/4 gula

Cara Membuat :

1. Siapkan mangkuk dan masuk 4 telor dan 2 sdm gula pasir. Aduk menggunakan spatulla sampai merata.
2. Selanjutnya tuangkan Susu dan Minyak sayur. Masukan juga tepung terigu dengan cara di ayak. Aduk sampai merata menggunakan spatula.

Langkah - langkah membuat bolu gulung pelangi panggang

3. Siapkan wadah lagi dan kocok 4 putih telor dengan menggunakan mixer. tuang 1/4 gula pasir secara bertahap sambil putih telor terus di aduk dengan mixer berkecapatan sedang sampai adonan menjadi putih kental.

Resep Bolu Gulung Pelangi Panggang

4. Berikutnya, campur 1/3 adonan putih telor ke adonan pertama dan aduk dengan spatula dengan teknik lipat balik sampai merata. Baru kemudian campur semua adonan dan aduk lagi dengan spatula menggunakan teknik lipat sampai benar - benar merata.

5. Pisahkan adonan ke dalam 6 mankuk kecil, dan berikan pewarna makan yang berbeda di setiap adonannya.

6. Untuk memudahkan menuangkan adonan ke dalam cetakan, masukan setiap adonan ke dalam sebuah plastik yang nantinya di buat seperti bungkus toping.

Resep Bolu Panggang Rainbow cake roll

7. Siapkan loyang yang sudah di olesi margarin dan di alasi kertas roti. Tuangkan adonan ke dalam loyang, tata sesuai urutan warna yang kamu inginkan secara menyeluruh. Dan ratakan dengan cara membatingkan loyang secara perlahan berkali - kali.

Resep Bolu Gulung Pelangi Panggang

8. Selanjutnya masukan adonan ke dalam oven dengan tingga panas sekitar 350F ( 180C ) untuk mulai memanggang.

9. Panggang selama kurang lebih 15 menit sampai matang.

10. Setalah itu angkat kue bolu rainbow/pelangi yang sudah matang. Dinginkan sebentar
Taruh kertas roti atau  aluminium foil di atasnya sesuai dengan ukuran loyang, kemudian balik secara perlahan dan angkat alas kertas yang menempel pada kue secara perlahan juga, supaya kue tidak rusak.

Cara Buat Bolu Gulung Rainbow Panggang Gurih

11. Selanjutnya Potong miring sedikit di bagian lebar kue dan olesakan whipped cream di atas kue secara merata.

12. Gulung kue bolu raibow/pelangi dengan perlahan. Kecangkan gulungan dengan membungkusnya kembali menggunakan kertas roti atau aluminium foil.

Resep Bolu Kue Gulung Rainbow Panggang Ncc

13. Terakhir Buka bungkasan kertas roti atau aluminium foil dan potong - pontong kue bolu gulung rainbow panggang untuk di sajikan.

Baca Juga :  Resep Bolu Gulung Kukus Pelangi Mini

Itulah resep bolu gulung rainbow Panggang yang bisa kami bagikan. Ikuti prosesnya dengan baik dan sedikit tips agar hasil kue bolu tidak bantat. Usahakan tidak ada endapan minyak dalam adonan. Selain itu, sesuaikan panas api dengan jenis oven yang biasa Anda gunakan.

Selamat mencoba. Jangan lupa share pengalaman Anda setelah membuatnya sendiri dirumah pada kolom komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar