Wong Cerdas

Aneka Resep Kue Bolu, memberikan cara membuat kue bolu kukus dan panggang dengan berbagai bentuk dan rasa, seperti bentuk gulung dengan rasa, Coklat, Keju, Pisang, Pandan, Caramel dan lain sebagainya.

Kamis, 07 Desember 2017

Resep Bolu Gulung Meranti - Bagini Bahan Dan Cara Pembutanya

Resep Bolu Gulung Meranti - Bagi Anda orang medan atau yang pernah pergi kesana tentu tidak asing dengan bolu meranti ini. Toko kue yang menghadirkan beraneka kue ini memiliki ciri khas kue bolu tersendiri, salah satunya yang paling khas adalah bolu gulung meranti ini yang sering di jadikan oleh - oleh khas Medan.

Saat ini bolu gulung meranti juga sudah bisa kamu beli di jakarta dan beberapa daerah lainnya. Selain pergi ke toko kue meranti, terdengar kabar juga kita bisa memesan melalui bolu meranti online. Harga bolu gulung meranti berkisar antara 50 - 200 ribuan.

Nah, bagi Anda yang ingin mencicip rasa kue bolu gulung meranti, namun berada di daerah yang tidak mejangakau toko kue meranti, tentunya harus membuat sendiri untuk merasakanya. Oleh karena itulah kali ini Aneka Resep Bolu ingin berbagi resep bolu gulung meranti yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Berikut bahan dan cara pembuatanya.

Resep Bolu Gulung Meranti - Bagini Bahan Dan Cara Pembutanya
Kue Bolu Meranti

Bahan - Bahan Bolu Gulung Meranti Khas Medan :
  • 100 gram Tepung terigu 
  • 1 gram     Baking powder
  • 6 butir      Kuning telur 
  • 5 butir      Telur antero 
  • 125 gram Gula pasir 
  • 10 gram   Emulsifier 
  • 20 gram   Susu bubuk  
  • 1 sendok makan Air 
( Cairkan ) :
  • Butter 100 gram
  • Maragrine 25 gram
  • Extrak vanila 1 sendok makan
Bahan Isi Bolu Gulung Meranti Khas Medan :
  • Buttercream dan Keju cheddar parut ( Untuk bolu gulung isi Keju )
  • Selai strawberry ( untuk bolu gulung isi straeberry )
Cara Membuat Bolu Gulung Meranti Khas Medan :
  1. Langkah pertama  panaskan oven 180 derajat celcius, Siapkan loyang ukuran 30 x 30 cm kemudian olesi  dengan sedikit margarin hingga rata, lalu alasi dasarnya dengan kertas roti, ( sisihkan ).
  2. Selanjutnya siapkan wadah dan masukan telur dan gula pasir, kocok selama kurang lebih 15 menit sampai mengembang dan mengental. masukkan juga air, lalu kocok kembali.
  3. Setelah itu masukkan campuran tepung terigu, susu bubuk dan baking powder sambil diayak, aduk hingga rata. kemudian masukkan Bahan cair, aduk dengan teknik membalik.
  4. Tuang adonan kedalam loyang, angkat loyang sedikit dari permukaan meja, lalu jatuhkan. bertujuan agar mengeluarkan gelembung udara yang ada dalam adonan. panggang selama 20 hingga 30 menit atau tergantung kondisi oven masing-masing.
  5. Jika sudah matang, angkat dan keluarkan dari dalam loyang agar bolu tidak turun. dinginkan, bolu pun siap diberi isi dengan isian yang sudah disiapkan tadi, yaitu selai strawbery dan keju, olesi rapih lalu digulung.
  6. Setelah diberi isian dan digulung rapih dengan menggunakan kertas roti, jangan lupa masukkan sebentar bolu gulung ke dalam kulkas agar bolu lebih padat dan tidak terbuka gulungannya. proses ini hanya memerlukan waktu 10 menit saja.
  7. Resep Bolu Gulung Meranti Khas Medan pun siap dipotong-potong dan disajikan.
Baca Juga :

Resep Bolu Kukus Pelangi Lembut Tanpa Mixer- Mudah di Buat

Tips Menggulung Bolu Gulung Meranti


Dalam membuat bolu gulung meranti, hal yang yang paling susah adalah pada saat menggulungnya. Saya sendiri sudah mencoba berulang kali menggulung dengan kertas roti dan baking paper yang ditaburi tepung atau gula halus, tapi tetap saja kulitnya lengket. walaupun akhirnya berhasil juga menggulungnya dengan baik. Ternyata dalam teknik untuk menggulung bolu yang sudah matang, ada dua cara yang bisa kamu lakukan yaitu digulung saat masih panas dan digulung ketika bolu sudah agak dingin.

Bila kamu menggunakan bahan isin buttercream, maka kamu bisa menggulungnya saat kue bolu agak sedikit dingin, agar buttercreamnya tidak meleleh dan keluar saat di gulung.

Tapi bila bahan isinya adalah selai seperti yang aku gunakan sekarang, bolu bisa langsung digulung saat masih panas.  Namun bila kulit atas bolu gulung tidak cukup kering, maka biasanya pada saat digulung kulit itu akan lengket di kain/kertas penggulungnya sehingga anda akan gagal melakukan proses penggulungan. Jadi usahakan jangan langsung menggulung kue bolu yang baru keluar dari oven. Biarkan dulu selama beberapa menit, baru Anda bisa mulai menggulungnya.

Itulah resep bolu gulung meranti medan yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Silahkan d coba dan jangan lupa berikan tanggapan Anda mengenai resep bolu gulung meranti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar