Wong Cerdas

Aneka Resep Kue Bolu, memberikan cara membuat kue bolu kukus dan panggang dengan berbagai bentuk dan rasa, seperti bentuk gulung dengan rasa, Coklat, Keju, Pisang, Pandan, Caramel dan lain sebagainya.

Senin, 19 Maret 2018

Resep Bolu kecebong Yang Bikin Ketagihan

Bolu Kecebong merupakan kue bolu jadul yang dulunnya hanya bermotif salur seperti bolu zebra dan batik. Kue ini memang sangat enak sehingga sering di jadikan hidang dalam sebuah acara atau sekedar untuk cemilan bersama keluarga. Rasa coklat dalam empukya tekstur kue ini memang bikin ketagihan siapa saja yang memakanya.

Resep Bolu kecebong Yang Bikin Ketagihan

Cara membuat bolu kecebong juga sangat sederhana, kita hanya perlu beberapa bahan yang sangat mudah di temukan di warung dan toko terdekat. Seperti telur, gula pasir, mentega, SP, gandum, butter dan susu. Motif bolu jadul  pada umumnya adalah sulur-sulur yang dibuat dari sedikit adonan yang sudah di tambahkan dengan coklat maupaun toping lain seperti coklat meses, coklat serut, keju dan buttercream. Namun seiring banyak peminat kue bolu ini, motifnya juga sudah banyak mengalami modifikasi. Sehingga walaupun tidak memakai topping, bolu jadul tetap nampak menarik seperti bolu kecebong ini.

Nah berikut Resep bolu kecebong sederhana namun bikin ketagihan yang bisa Bunda ikuti untuk membuatnya sendiri di rumah. 

Bahan-bahan:
  • 5 butir telur
  • 150 gr Tepung Terigu
  • 200 gula pasir
  • 1sdt SP ( pengembang )
  • 20grm SKM putih+3sdm air
  • 100g margarin + 50 g butter
  • Pewarna coklat Secukupnya
Cara Membuat:
  1. Lelehkan margarin dan butter, sisihkan. 
  2. Kocok telur, SP dan dan gula hingga mengembang dan kental. Bisa menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi. 
  3. Tuang terigu secara perlahan. Terus diaduk dengan kecepatan rendah. 
  4. Tuangkan margarin dan butter cair, aduk hingga rata lalu tambahkan susu. 
  5. Setelah adonan jadi, sisihkan sedikit adonan. Kemudian, campurkan pewarna coklat. 
  6. Masukan adonan yang sudah jadi tersebut kedalam loyang panggang. Lalu, tetes-teteskan adonan yang telah diberi pewarna coklat di permukaan. Tarik salah satu sisi bulatan adonan coklat dengan tusuk gigi sehingga nampak seperti ekor. 
  7. Panggang adonan selama kurang lebih 20 menit. Sampai matang
Video Resep dan Cara Membuat Bolu Kecebong Sederhana


Resep ini bisa di modifikasi sesuai dengan selere. Silahkan di coba dan jangan lupa berikan tanggapan Bunda dan Sista mengenai resep bolu kecebong ini di kolom komentar.

Rekomendasi Resep Bolu Lainnya :

Resep Bolu Gulung Coklat Panggang Sederhana
Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Tanpa Soda Anti Gagal
Resep Bolu Kukus Tiramisu Lembut dan Lumer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar