Wong Cerdas

Aneka Resep Kue Bolu, memberikan cara membuat kue bolu kukus dan panggang dengan berbagai bentuk dan rasa, seperti bentuk gulung dengan rasa, Coklat, Keju, Pisang, Pandan, Caramel dan lain sebagainya.

Sabtu, 11 November 2017

Resep Sponge Cake Vanila Clasic

Resep Sponge Cake Vanila Clasic - Kue Sponge Vanilla yang luar biasa moist dan klasik ini dibuat dengan Sedikit disesuaikan dari resep master Crystal's Illustrated. Kue Sponge Vanilla klasik atau Kue Bolu Vanilla jadul yang dibuat dengan bahan dasar telur, susu, mentega, tepung, gula pasir, vanilla, baking powder dan garam memang menggunakan bahan yang sederhana, tapi rasanya tidak sesimple bahannya loh. 

Apalagi jika ingin lebih lembut dan lembab, bisa ditambahkan krim asam dan atau buttermilk saja.

Yah, kali ini Aneka Resep Bolu ingin berbagi Vanilla Sponge Cake yang benar-benar enak dengan bahan sederhana yang mudah kita jumpai. 

Berikut resep bolu vanilla jadul yang bisa kamu buat di rumah.

Resep Sponge Cake Vanila Clasic
 Sponge Cake Vanila Clasic
Porsi: 12

Bahan-bahan :
225 g mentega tawar, potong menjadi 8 bagian dan dilembutkan
4 buir telur ukuran besar 
1/2 gelas / 125 ml susu (low fat, tanpa lemak)
2 sdt ekstrak vanili
1 3/4 cangkir / 265g tepung terigu 
1/4 cup tepung jagung / tepung maizena 
2 sdm baking powder
1 1/2 cangkir gula prima (gula putih normal juga oke)
3/4 sdt garam

Stroberi & krim:
2 1/2 cangkir / 625 ml whipping cream
2 sdm gula putih
1 sdt ekstrak vanili
400 gram stroberi, dibelah dua (1 1/2 punnets)

Cara membuat Sponge Cake
  1. Panaskan oven sampai 180C / 350F (standar). Letakkan rak di tengah oven. Lapisi dasar loyang dengan mentega dan kertas roti.
  2. Tempatkan bahan telur, susu, dan ekstrak vanila dalam mangkuk dan kocok menggunakan wisker/garpu sampai tercampur rata.
  3. Dalam wadah lain aduk menggunakan mixer tepung terigu, tepung maizena, baking powder, dan garam dengan speed terendah. setelah tercampur rata masukan mentega secara bertahap hingga semua mentega lumat.
  4. setelah semua tercampur masukan adonan telur dalam 2 tahapan mixer dengan speed tinggi.sisihkan.
  5. bagi adonan menjadi 2 loyang masukan 1/2 loyang saja lalu panggang selama 25 menit.
  6. Tes tusuk menggunakan lidi/tusuk gigi jika dimasukkan ke tengah dan keluar dengan bersih tapi lembab berarti kue sudah matang.
  7. Dinginkan di rak pendingin minimal 15 menit lalu lepaskan kue dari wajan.

Frosting / Dekorasi dengan Stroberi & Cream:
  1. Gunakan pisau bergerigi (saya menggunakan pisau roti) untuk memotong bagian atas setiap kue agar benar-benar rata. Hal ini membuat lapisan rapi saat Anda memotong kue.
  2. Tempatkan krim, vanili dan gula dalam mangkuk. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi sampai adonan berdiri sampai bentuk puncak tegak.
  3. Sebarkan lapisan krim tipis dari atas roti tambahkan stroberi sebagai topping tengah, tutup lagi dengan cream. Letakan roti kedua diatas cream roti 1 dan ulangi ratakan cream diseluruh bagian roti. hias sesuai selera.
Baca Juga :


Catatan Resep
  1. Resep asli membutuhkan 2 cangkir tepung terigu. Saya menggunakan kombinasi tepung polos dan tepung jagung yang merupakan pengganti tepung kue karena resep ini adalah resep kue vanili vanili dasar saya dan saya ingin membuatnya menggunakan makanan pokok dapur. Kue tepung bukanlah makanan pokok di pantry saya. Tepung kue atau tepung jagung + tepung polos membuat remah kue lebih empuk dan hampir "kenyal" dibanding sekedar menggunakan tepung polos.
  2. Resep SOURCE: Ini diadaptasi dari resep Ilustrasi Cook. Resep aslinya dibuat dengan tepung kue saja . Mentega dipotong menjadi 16 bagian dan ditambahkan 1 bagian sekaligus. Saya merasa lebih mudah melakukannya dalam 3 batch dan tidak memperhatikan perbedaan hasilnya. Juga 
  3. STANDMIXER: Bahkan pada kecepatan terendah, akan ada beberapa "tepung debu" sehingga Anda perlu menggunakan pelindung untuk menghentikan tepung terigu ke mana-mana atau melakukan sesuai resep asli dan memotong mentega menjadi 16 potongan kecil dan tambahkan mereka satu per satu, mixer sekitar 1 menit dengan kecepatan rendah, meningkat hingga tinggi.
  4. PENYIMPANAN: Kue ini tersimpan dalam wadah kedap udara selama 3 hari tanpa spons kering. Jika didekorasi dengan krim, simpan di kulkas jika suhunya> 20C / 70F. bawa ke suhu kamar sebelum disajikan.
Tertarik untuk membuat sendiri ..? Yah, itulah Resep Sponge Cake Vanila Clasik atau Resep Kue Bolu Vanila sederhana  yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar