Wong Cerdas

Aneka Resep Kue Bolu, memberikan cara membuat kue bolu kukus dan panggang dengan berbagai bentuk dan rasa, seperti bentuk gulung dengan rasa, Coklat, Keju, Pisang, Pandan, Caramel dan lain sebagainya.

Senin, 06 November 2017

Resep Molten Lava Cake yang Moist Dan Lumer

Resep molten lava cake - Siapa yang tak kenal dengan cake kekinian ini? cake yang lembut dan moist di luar dengan kejutan coklat lumer didalamnya. waah it's so delicious... membuat cake hits dan instagramable ini. Dikutip dari buku  ternyata gampang-gampang susah selain bahan-bahannya yang sangat simple dan mudah didapat teknik memanggangnya pun perlu diperhatikan karena jika kurang lama dipanggang maka adonan dibagian pinggir cake tidak mengeras sehingga ketika di balik cake menjadi buyar, cairan coklat meleleh kemana-mana. Terlalu lama dipanggang, maka cake akan mengeras kesemua bagian sehingga tidak tercipta lelehan coklat yang menggiurkan ini. Eeits nggak sesusah itu kok kalau langsung dipraktekin, resep yang dikutip dari buku Best Loved Dessert Good Housekeeping hasilnya pun tidak terlalu jauh berbeda dan tidak mengecewakan.


Hmmm ... seperti Anda sudah tak sabar untuk membuatnya. Yuk langsung saja eksekusi resep Molten Lava Cake dari Aneka Resep Bolu berikut ini :

Molten lava cake yang moist dan lumer

Bahan-bahan Molten Lava Cake :

100 gram dark chocolate
100 gram butter
150 gram brown sugar atau bisa icy sugar (gula halus) sesuai selera
3 butir telur
1/2 dst essense vanila
50 gram tepung terigu

Garnish
sthrawberry
gula halus
es krim vanila

Cara membuat Molten Lava Cake :
  1. Panaskan oven, set disuhu 200'C, taruh rak panggangan di tengah oven. Siapkan 5 buah mangkuk kaca tahan panas (pyrex) diameter + 10 cm, olesi mentega agak banyak dan taburi gula halus hingga merata ke permukaannya.
  2. Siapkan panci kecil, lelehkan butter dan dark chocolate dengan cara double boiler. aduk dengan spatula hingga benar benar cair. sisihkan.
  3. Siapkan mangkuk mixer, masukkan brown sugar, putih telur dan kuning telur. Kocok dengan speed tinggi hingga menjadi adonan kental dan berwarna kuning pucat, masukan tepung terigu , vanila ekstak, dan sedikit garam secara bertahap. aduk kembali hingga rata. matikan mixer.
  4. Masukkan adonan telur ke dalam adonan coklat dalam 3 tahapan, aduk rata setiap tahapnya sebelum dimasukkan kocokan telur berikutnya. Aduk rata dengan spatula dengan gerakan searah.
  5. setelah semua tercampur rata, masukkan adonan ke dalam mangkuk kaca / cup yang telah disiapkan, isi hingga hampir penuh. Tata mangkuk diatas loyang agar mudah untuk memanggangnya. 
  6. Panggang selama 10 - 15 menit atau hingga bagian pinggir cake terlihat mengeras tetapi bagian tengahnya agak sedikit berguncang ketika mangkuk kita goyangkan. Supaya permukaan cake tidak gosong, setelah dipanggang 5 menit, tutup permukaan loyang dengan alumunium foil. 
  7. keluarkan cake dari dalam oven. Jika bagian dasar cake masih terlihat cair, panggang cake kembali sebentar. Jika cake sudah matang jangan langsung keluarkan dalam panggangan dinginkan dalam suhu ruang.
  8. menggunakan pisau tipis telusuri bagian tepi cake dengan pisau hingga ujung pisau menyentuh bagian dasar mangkuk, Balikkan cake diatas piring datar dengan hati-hati agar cake tidak sobek. Ketuk-ketuk punggung loyang kaca, biarkan cake turun perlahan.
  9. Taburi permukaan cake dengan gula halus,taruh es krim vanilla dan sthrawberry diatasnya atau sesuai selera. 
  10. Molten lava cake siap dinikmati. 
Terlihat sangat mudah bukan ..? itu karena anda masih membaca Resep Molten Lava Cake ini hhihihihi. Coba langsung praktekan saja dan berikan komentar dari hasil yang ada buat pada artikle ini. Selamat memasak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar