Wong Cerdas

Aneka Resep Kue Bolu, memberikan cara membuat kue bolu kukus dan panggang dengan berbagai bentuk dan rasa, seperti bentuk gulung dengan rasa, Coklat, Keju, Pisang, Pandan, Caramel dan lain sebagainya.

Selasa, 31 Oktober 2017

Resep Japanese Cotton Cheese Cake Soft Dan Fluffly

Resep dan cara membuat japanese cotton cheese cake- berbicara tentang Jepang sebelumnya Aneka Resep Bolu sudah membahas tentang Resep japanese cheese cake yang fluffy dan lezat, berbeda dengan kali ini adalah versi cotton / ogura/ cake yang lembut seperti kapas dan sangat softly lebih kering sehingga tidak terlalu eneg ketika di makan.

Sama seperti cheesecake versi panggang lainnya maka Japanese cheesecake juga dipanggang di dalam oven dengan teknik bain marie atau water bath, yaitu teknik memanggang cake dengan cara meletakkan loyang berisi adonan ke dalam loyang lainnya berisi air panas. Cara ini tujuannya untuk menghasilkan cheesecake dengan permukaan yang berwarna terang, terlihat basah, lembut dan mencegah retak pada permukaan cheesecake.Jika anda mengikuti step by step cara membuat Resep Cotton Japanese Cheesecake hasilnya pun akan cantik dan rasanya super enak.

Resep Japanese Cotton Cheese Cake  Soft Dan Fluffly

Cotton cheese cake yang fluffy dengan rasa manis yang pas bercampur dengan gurihnya keju dari cream cheese sudah terbayangkan bagaimana endhessnya cake yang satu ini. Ternyata bahan- bahan dan resepnya sangat sederhana dan mudah untuk dipraktekan dirumah loh ,Yuk langsung saja kita eksekusi di dapur.

Bahan - bahan Cotton Japanese Cheesecake
  • 160 gram cream cheese
  • 25 gram mentega/margarine
  • 120 gram susu cair (UHT)
  • 40 gram tepung terigu protein sedang 
  • 1/4 sendok teh cream of tartar
  • 4 kuning telur
  • 4 putih telur
  •  30 gram tepung maizena
  • 1/4 sdt garam
  • 100 gram gula pasir
Cara Membuat Japanese Cotton Cheese Cake:
  1. Panaskan oven, disuhu 150'c,. Siapkan loyang bongkar pasang. Bungkus rapat bagian luar loyang dengan menggunakan alumunium foil. Olesi bagian dalam loyang dengan mentega dan alasi loyang dengan baker paper atau bisa dengan taburkan tepung pada permukaannya.
  2. Siapkan panci atau mangkuk alumunium atau wadah tahan panas lainnya. Masukkan cream cheese, mentega dan susu cair. Siapkan panci lainnya yang memiliki ukuran lebih kecil, isi dengan air kira-kira 1/2 tinggi panci. Letakkan mangkuk berisi cream cheese diatas panci berisi air ini, jangan sampai dasar mangkuk menyentuh air di panci. Panaskan di atas kompor sambil cream cheese diaduk-aduk menggunakan spatula hingga meleleh, tercampur rata dan kental. Jika telah tercampur baik, segera angkat dari kompor.
  3. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena ke dalam adonan cream cheese, aduk rata dengan cepat sehingga menjadi adonan yang smooth dan bebas gumpalan. Biarkan adonan hangat sebelum memasukkan kuning telur.
  4. Jika adonan cream cheese telah tidak terlalu panas, masukkan kuning telur, aduk hingga benar - benar rata kemudian Sisihkan.
  5. Selanjutnya,kocok putih telur dengan speed tinggi hingga berbusa menggunakan mixer, Tambahkan cream of tartar, kocok hingga mengembang, kemudian masukkan gula pasir secara bertahap. Kocok hingga putih telur terlihat mengkilap dan kaku, ketika di sendok menggunakan spatula terbentuk puncak yang kaku dan bertahan. Matikan mikser.
  6. Masukkan putih telur bertahap ke dalam adonan tepung secara bertahap, aduk menggunakan spatula hingga benar-benar rata, Jika telah tercampur rata, tuangkan ke dalam loyang bongkar yang telah disiapkan.
  7. kemudian masukkan loyang berisi adonan ke loyang lainnya yang berukuran lebih besar, tuangkan air panas dengan hati-hati di loyang bagian bawah kira-kira 1/4 tinggi loyang. Panggang cake selama 40- 55 menit atau hingga cake terlihat mengeras dan berwarna coklat keemasan. Keluarkan dari oven dan angkat loyang cake dari air.
  8. Biarkan cake agak mendingin kemudian sisiri tepi cake dengan pisau tajam agar cake benar-benar lepas dari loyang. Lepaskan loyang bongkar pasang.
  9. Hias sesuai selera dan Cotton cheese cake siap dihidangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar