Wong Cerdas

Aneka Resep Kue Bolu, memberikan cara membuat kue bolu kukus dan panggang dengan berbagai bentuk dan rasa, seperti bentuk gulung dengan rasa, Coklat, Keju, Pisang, Pandan, Caramel dan lain sebagainya.

Kamis, 19 Oktober 2017

Resep Bolu Kukus Ketan Hitam Tanpa Mixer Enak Dan Gurih

Resep Bolu Kukus Ketan Hitam Tanpa Mixer Enak dan Gurih - Kamu pasti tahu ketan Hitam. Ketan dari beras hitam yang sangat kaya akan serat dan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh di banding dengan ketan putih. Selain itu, bahan ini juga sering di jadikan jajanan dan kue ketan hitam dengan berbagai olahan.

Untuk itu, kali ini aneka resep kue bolu akan menyajikan anda resep kue bolu kukus ketan hitam yang enak dan gurih tanpa menggunakan mixer sebagai alat untuk mengaduknya. Hmmm bisa di bayangkan dong bagaimana lembutnya kue bolu yang gabungkan dengan gurihnya ketan...

Resep Bolu Kukus Ketan Hitam - Enak Dan Gurih
Bolu kukus Ketan Hitam

Oke, tanpa basa basi lagi mari kita langsung saja pergi ke dapur untuk langsung mengeksekusi resep kue bolu kukus ketan hitam. Berikut bahan dan langkah - langkah pembuatanya.

Bahan-bahan Bolu Kukus Ketan Hitam 

  • Telur ayam 4 butir
  • Gula pasir 175 gr
  • Dake emulsifier/SP ½ sdt
  • Tepung ketan hitam 100 gram
  • Tepung terigu 150 gram
  • Santan kental 150 ml
  • Margarin 100 gram, ( lelehkan terlebih dahulu )

Cara membuat Kue Bolu Kukus ketan Hitam Tanpa Mixer

  1. Siapkan wadah dan masukan isi telur, gula dan SP dan kocok sampai mengembang.
  2. Selanjutnya kamu bisa masukkan tepung ketan dan terigu secara perlahan dan aduk menggunakan teknik lipat menggunaka spatula dari atas ke bawah.
  3. Berikutnya tuangkan campuran santan dan margarin sedikit demi sedikit sambil terus di aduk sampai merata.
  4. Masukkan adonan dalam cetakan berbetuk lengkung yang sudah di olesi minyak goreng.
  5. Nah, Sekarang mulai untuk Kukus  adonan hingga matang selama kurang lebih 20 menit. 
  6. Sesudah matang kamu bisa angkat, potong-potong dan siap untuk disajikan.

Tips Membuat Kue Bolu Kukus Ketan Hitam

Haluskan tepung dengan cara di ayak sebelum dimasukkan dalam adonan supaya nanti hasil adonan menjadi halus dan tidak berbintil. Dan ketika memasukkan tepung ketan ke dalam adonan yang sudah mengembang, ada baiknya kamu masukan secara perlahan dan aduk menggunakan teknik lipat atas ke bawah. Ini di lakukan supaya adonan tetap pada volume stabil dan rata.  Untuk penyajian kamu bisa memberikan aneka toping diatasnya, bisa menggunakan keju, buah segar dan lain sebagainya.

Yah, sebelum resep ini kami juga telah menyajikan berberapa cara membuat kue bolu kukus dan aneka resep kue bolu panggang dengan aneka varian, diantaranya resep bolu gulung pandan keju,
resep bolu gula merah dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, Demikianlah resep kue bolu kukus ketan hitam tanpa mixer yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah. Apabila masih bingung atau memiliki masukan mengenai resep bolu ketan hitam ini, kamu bisa memberikannya komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar