Wong Cerdas

Aneka Resep Kue Bolu, memberikan cara membuat kue bolu kukus dan panggang dengan berbagai bentuk dan rasa, seperti bentuk gulung dengan rasa, Coklat, Keju, Pisang, Pandan, Caramel dan lain sebagainya.

Kamis, 21 Juni 2018

Resep Bolu Kukus Mawar Lembut dan Mekar

Bolu kukus mawar merupakan salah satu varian kue bolu sangat unik dan menarik selera. Selain bentuknya yang mirip bunga mawar, rasa dari kue bolu ini juga tak kalah enak dari bolu lainnya.

Untuk itu, Aneka Resep Bolu ingin berbagi cara membuat bolu kukus mawar lembut enak dan mekar.

Resep Bolu Kukus Mawar Lembut dan Mekar

Resep bolu kukus mawar ini termasuk salah satu resep bolu sederhana, sehingga bagi Bunda ingin membuatnya dirumah, tidak akan kesulitan untuk mempersiapkan bahan dan mengikuti proses pembuatanya.

Yuk langsung simak saja resep bolu kukus mawar lembut dan mekar berikut ini.

Bahan - Bahan:

  • 250 gr tepung
  • 200 gr gula pasir
  • 2 butir telur
  • 200ml santan+2 lbr pandan(rebus)
  • 1 bks susu skm
  • 1 sdm sp
  • 1/2 sdt garam
  • 3  macam pewarna
  • cetakan bolu berbentuk bunga mawar

Cara Membuat Bolu Kukus Mawar:

1. Siapkan dan panaskan panci pengukus.

2. Masukan telur, gula pasir, ovalet dan vanili dalam wadah dan kocok menggunakan mixer dengan kecepatan sedang hingga kental selama +- 15 menitan. Setelah adonan mengeental, turunkan kecepatan mixer menjadi agak rendah lalu masukkan terigu sedikit demi sedikit bergantian dengan santan yang sudah di rebus, mixer hingga adonan rata.

3. Setelah adonan selesai, bagi adonan menjadi 3 bagian lalu masing-masing beri pewarna 1/4 sendok teh atau secukupnya kemudian aduk rata.

4. Olesi tipis cetakan mawar dengan sedikit margarin atau minyak dengan menggunakan kuas agar apabila adonan sudah matang tidak akan lengket dan hancur serta sangat mudah dilepas dari cetakan. Kemudian, tuang adonan dalam cetakan mawar.

5. Tuang adonan menggunakan sendok kecil atau sendok teh supaya mudah dan tidak belepotan. Pertama tuang adonan warna kuning satu sendok kemudian warna pink di sebelahnya dan sampingnya lagi warna ungu. Semua warna ini tidak akan mudah tercampur karena adonannya cukup kental, lakukan terus hingga semua cetakan penuh tapi jangan sampai terlalu penuh, cukup hingga garis pembatas cetakan saja.

6. Setelah itu, Kukus adonan dalam panci yang sudah di siapkan. Kurang lebih 15 menit sampai matang.

Baca Juga : Resep Brownies Kukus Mawar

Jika Bunda membuka bisnis kue rumahan, bolu kukus mawar ini sangat di rekomendasikan untuk dijadikan menu produk. Silahkan di kreasikan sesuai keinginan. Misalnya penyesuaian warna seperti bolu kukus pelangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar