Wong Cerdas

Aneka Resep Kue Bolu, memberikan cara membuat kue bolu kukus dan panggang dengan berbagai bentuk dan rasa, seperti bentuk gulung dengan rasa, Coklat, Keju, Pisang, Pandan, Caramel dan lain sebagainya.

Senin, 16 Oktober 2017

Resep Bolu Pandan Lembut dan Mengembang

Sekarang ini ada banyak resep bolu pandan yang bisa sista dan bunda temui di berbagai media. Akan tetapi tidak semua orang bisa membuatnya dengan lembut dan mengembang seperti apa yang tertulis dalam resep bolu pandan tersebut. Dimana banyak pemula yang merasakan kecewa ketika hasil dari  kue bolu pandan yang di buatnya gagal dan bantat atau tidak mengembang.

Untuk membuat kue bolu pandan yang lembut dan mengembang sempurna. Bunda dan Sista harus memperhatikan bahan dan pengolahan yang tepat, agar hasilnya dapat mengembang sempurna sepeti apa yang inginkan. Salah satunya adalah pada saat pencairan mentega tidak bolu terlalu cair dan mencampurkannya dalam keadaan panas sekali. Selain itu proses mengocok telor juga harus di pastikan benar - benar mengembang dengan menggunakan kecepatan mixer sedang terus meninggi ketika bahan sudah mulai mengembang.

Nah berikut langkah - langkah membuat resep bolu pandan lembut dan mengembang yang bisa di ikuti.

Resep Bolu Pandan Lembut dan Mengembang
resep bolu pandan

Bahan - Bahan Cara membuat Bolu Pandan kukus

  • 225 gr Gula pasir  
  • 6 butir Telur
  • 250 gram Tepung terigu protein rendah
  • 150 ml (3/4 gelas) Santan kental 
  • 1 sendok teh perasan daun pandan (dapat juga diganti dengan pasta pandan)
  • 100 gram Mentega, cairkan 
  • 1 sdm Susu bubuk warna putih 
  • 200 ml susu kental manis fullcream
  • 1 sdm Emulsifier(Emulsifier yang sering digunakan biasanya “SP”atau “ovalet” )
  • Baking powder 1/2 sendok makan aja
  • Vanili bubuk 1/2 sendok teh
  • Minyak goreng 25 mili liter

Langkah - Langkah Cara membuat adonan kue bolu pandan


  1. Langkah awal siapkan panci kukusan, lapisi tutupnya dengan kain bersih agar uap tidak jatuh pada adonan dan membuat cake bantat. Masukkan air secukupnya, panaskan kukusan sampai mendidih.
  2. Olesi loyang dengan margarin hingga rata, sisihkan. (bisa pakai loyang tulba, segiempat, persegi atau dimasukkan ke dalam cup dan kertas kue)
  3. Selanjutnya ayak tepung terigu, susu bubuk dan vanili bubuk dalam satu mangkuk, sisihkan.
  4. Di mangkuk yang lain, campur santan, susu kental manis dan pasta pandan. Aduk sampai tercampur rata. Kemudian di dalam cangkir lain, campur jadi satu margarin leleh dan minyak goreng.
  5. Setelah itu kocok telur dan gula pasir sampai mengembang dan kental berjejak kurang lebih selama 5-8 menit dengan kecepatan tinggi. Tahap ini sangat penting karena jika telur tidak mengembang sempurna cake pandan akan jadi bantat.
  6. Turunkan mixer ke speed terendah Lalu masukkan secara bertahap masukan tepung susu bubuk dan vanili yang sudah diayak tadi sambil dikocok sebentar sampai rata
  7. Berikutnya masukkan campuran santan, susu kental manis dan pasta pandan. Aduk sampai semua bahan merata kemudian tuangkan campuran margarin leleh dan minyak goreng.Aduk kembali sampai adonan tercampur rata.
  8. Selanjutnya tuang adonan ke dalam loyang. Kemudian kukus cake dengan menggunakan api kecil-sedang kurang lebih selama 20 - 25 menit. Selama proses ini usahakan tutup kukusan jangan dibuka agar hasilnya mengembang dan tidak bantet.
  9. Tes tusuk, jika tidak ada adonan yang menempel pertanda cake pandan sudah matang, angkat.
  10. Dinginkan, lalu potong-potong sesuai selera untuk anda hidangakan
Mudah bukan ..itulah resep bolu pandan dengan tekstur yang lembut dan mengembang yang bisa kami sampaikan. Bila ada pertanyaan silahkan tulis berkomentar.

Rekomendasi :

Aneka Cara membuat kue bolu pisang panggang
Resep kue Bolu tape aneka varian
Cara membuat kue bolu gulung dengan berbaagai varian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar