Wong Cerdas

Aneka Resep Kue Bolu, memberikan cara membuat kue bolu kukus dan panggang dengan berbagai bentuk dan rasa, seperti bentuk gulung dengan rasa, Coklat, Keju, Pisang, Pandan, Caramel dan lain sebagainya.

Minggu, 25 Februari 2018

Resep Bolu Kemojo Sederhana Khas Pekan Baru Riau

Bolu Kemojo adalah kue tradsional nusantara khas Pekan Baru yang enak dan lembut. Bagi Bunda dan Sista yang pernah pernah bepergian kesan tentu sudah mengenal kue bolu kemojo yang sering di jadikan oleh - oleh dari Riau ini.

Resep Bolu Kemojo Sederhana Khas Pekan Baru Riau

Sebutan dari Bolu Kemojo sendiri berasal dari cetakan memasak yang di gunaknnya berbentuk bunga kemboja, dan orang melayu menyebutnya dengan nama kemojo. Pada umunya warna bolu kemojo adalah hijau kecoklatan dengan rasa pandan saja. Akan tetapi seiring berjalan waktu, kue ini memiliki berbagai variant rasa mulai dari coklat, keju, labu kuning, kacang merah, pisang dan yang palin terkenal adalah rasa Durian.   Kue ini biasanya di hidangkan pada acara atau moment tertentu saja di sana. Seperti saat acara hajatan, hidangan untuk buka puasa dan perayaan hari besar seperti lebaran.

Untuk cara membuat kue bolu kemojo, bahan dan prosesnya juga sederhana dan tidak jauh beda dengan resep bolu lainnya. Tetapi Bunda dan Sista memerlukan cetakan yang menyerupai bunga kemboja agar khas kue ini tidak hilang.

Nah berikut resep bolu kemojo khas Pekan Baru Riau sederhana yang bisa Bunda dan Sista Buat sendiri di rumah.

Bahan - bahan
  • 5 butir Telur ayam
  • 30 lembar daun pandan wangi (diblender)
  • 500 gr Tepung Terigu
  • 800 ml santan kental
  • 300 gr Gula
  • 100 gr butter/mentega
Cara Membuat :
  • Potong potong 30 daun pandan dan blender bersama santan. kemudian saring agar potongan daun yang tidak hancur tidak tercampur Buang ampasnya.


Resep Bolu Kemojo Sederhana Khas Pekan Baru Riau


  • Masak hasil saringan daun pandan dan santan bersama 100 gr Mentega. sampai meleleh
  • Setelah matang, aduk " dan biarkan dingin terlebih dahulu.
  • Siapkan wadah dan masukan Telor dan gula. Aduk sampai merata
  • Siapkan wadah lagi dan masukkan tepung terigu, berikan lubang di tengah ( supaya tepung tidak menggumpal ) kemudian tuang campuran gula dan telor. Aduk lagi sampai merata
  • Masukan campuran santan dan pandan yang sudah dimasak bersama mentega sedikit demi sedikit, sambil terus mengaduk sampai merata.


Resep Bolu Kemojo Sederhana Khas Pekan Baru Riau

Setelah adonan jadi, Sekarang panaskan cetakan bolu kemojo di atas api sedang. Olesi cetatakn dengan minyak goreng atau mentega tipis - tipis saja. Bisa juga menggunakan Oven dengan suhu panas 170 C.
Baru kemudian tuang adonan dalam cetakan dan panggang sampai matang.

Resep Bolu Kemojo Sederhana Khas Pekan Baru Riau

Selesai, setelah matang kue bolu kemojo siap untuk di hidangkan.


Nah itulah resep bolu kemojo khas pekan baru yang bisa Bunda dan Sista buat sendiri di rumah.

Sedikit informasi : 

Bolu kemojo ini memiliki beberapa nama di Indonesia Seperti nama Bolu kojo di dareah Pelembang  dan bolu kemboja di Jakarta. Selain  itu rasa dan teksturnya  juga, hampir mirip dengan kue lumpur Melayu. Dan satu hal lagi, Bunda harus bisa membedakan antara Daun Pandan Dan Daun Suji.

Walaupun memiliki bentuk dan wangi yang agak sama, Daun Pandan jauh lebih harus di banding daun suji. Bila ingin menggabungkannya Bunda bisa menggunakan 10 daun suji dan 20 daun pandan untuk bahan bolu kojo di atas. Bunda juga bisa menggunakan cetakan bolu kojo mini untuk memberikan bentuk di senangi anak - anak.

Baca juga : Resep Dan Cara Membuat Bolu Peca Asli Bugis

Silahkan di coba, dan jangan lupa berikan tanggapannya mengenai Resep bolu kemojo khas Pekan Baru Riau yang kami bagikan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar