Wong Cerdas

Aneka Resep Kue Bolu, memberikan cara membuat kue bolu kukus dan panggang dengan berbagai bentuk dan rasa, seperti bentuk gulung dengan rasa, Coklat, Keju, Pisang, Pandan, Caramel dan lain sebagainya.

Minggu, 12 November 2017

Resep Kue Bolu Italia ( Pan di Spagna )

Pan di Spagna (Kue Bolu Italia) merupakan kue bolu sederhana dan lapang yang dibumbui dengan vanila atau lemon khas Italia. Pembuatanya juga hanya menggunakan 3 bahan dasar yaitu: telur, gula, dan tepung yang sangat mudah Anda temukan di toko atau warung terdekat. Salah satu jenis Kue Bolu Panggang ini juga Bisa dicampur dengan campuran favorit Anda dan dilapisi dengan tambalan krim, maupun hanya di taburi dengan gula bubuk di atasnya.

Nah, berikut Resep Kue Bolu Italia ( Pan di Spagna ) dari Aneka Resep Kue Bolu Yang bisa Kamu ikiuti.


Bahan - Bahan :

  • Panci berukuran 18-20 cm (7-8 inci):
  • Gula Pasir (½ cangkir + 1½ sendok makan (120 gram)
  • 4 telur dengan ukuran agak besar
  • sedikit garam
  • 1 sendok teh parutan lemon parut atau vanili ekstrak ( Terserah Pakai Yang Mana )
  • 1 cangkir + 1 sendok makan (120 gram) tepung kue, diayak
  • Tepung: 120 gram = 1 gelas

Cara Membuat kue Bolu Italia ( Pan di Spagna ) :

  1. Bila kamu menggunakan telor yang dingin, kamu bisa menghangatkannya sebentar dengan merendamnya pada air hangat selama beberapa menit ( jangan sampai matang ).
  2. Panaskan oven sampai 170 derajat C (338 derajat F).
  3. Mentega dan tepung secukupnya 20 cm (8 inci).
  4. Masukkan telur, gula pasir, garam, dan kulit lemon ke dalam mangkuk mixer Anda.
  5. Kocok telur sampai halus dan mengembang (sekitar 15/20 menit dengan mixer pada kecepatan medium / kecepatan tinggi).
  6. Masukan dengan cara di saring dan perlahan. Aduk dengan teknik melipat menggunakan sendok kayu.
  7. Tuang adonan ke dalam wajan yang sudah disiapkan. Jangan ratakan adonan dengan cara apapun biarkan saja seperti itu
  8. Barulah Kamu panggang Adonan selama 40 menit sampai matang. Tes dengan tusuk gigi dimasukan ke dalam roti, apabila tidak menempel berarti sudah di pastikan adonan tersebut sudah matang. (Ingat: jangan buka oven selama 30 menit pertama!)
  9. Matikan oven tapi biarkan kue di dalam, kurang lebih selama 5/10 menit sehingga bisa mendingin perlahan.
  10. Keluarkan kue bolu dari oven, biarkan dingin selama 10 menit lagi, lalu lepaskan di sekitar tepi dengan pisau, dan balikkan pada rak kawat ke atas (tanpa wajan) hingga dingin sepenuhnya.
  11. Selesai ..!

Tips Membuat Kue Bolu Italia ( Pan di Spagna )

  • Gunakan telur ekstra besar (setiap telur harus menimbang kira-kira 70 gram / 2,46 ons). Telur harus di suhu kamar, tidak dingin dari kulkas. Jika mereka terlalu dingin, rendam dalam beberapa menit dalam semangkuk air hangat.
  • Lebih baik menggunakan tepung protein rendah, seperti tepung kue, atau gunakan tepung terigu.
  • Kocok telur dan gula pasir kurang lebih selama 15/20 menit. 
  • Saring tepung di atas campuran telur, sedikit demi sedikit, dan gunakan teknik aduk melipat perlahan dengan sendok kayu. Karena bila Anda menuangkan terlalu banyak tepung, ia akan tenggelam ke dasar mangkuk.
  • Selagi kue Pan di Spagna dipanggang, jangan buka oven setidaknya selama 30 menit karena ini bisa menyebabkan kue mengempis.
  • Ketika sudah matang, langsung di keluarkan. Biarkan Saja selama 5 - 10 menit di dalam. ( Cukup Matikan Oven Terlebih Dahulu )
Baca Juga :
Resep Molten Lava Cake yang Moist Dan Lumer
Resep Bolu Pisang Tanpa Mixer dan Oven
Resep Sponge Cake Vanila Clasic

Baking Pan:

Untuk kue bolu dalam gambar, saya menggunakan panci bulat Wilton setebal 15 cm dan tinggi 8 cm (6 x 3 inci). Jika baking pan Anda tidak terlalu dalam, gunakan kertas perkamen. Kasih alas dibagian bawah panci dengan selembar kertas perkamen. sesuaikan ukuran dengan wajan yang di gunakan. Kemudian letakkan sisi wajan dengan kertas perkamen sehingga kertas perkamennya menciptakan kerah yang berada 1 sampai 2 inci di atas wajan. Pastikan Anda menyiram beberapa mentega cair ke bagian bawah dan sisi wajan sehingga kertas perkamennya menempel.

PENYIMPANAN:

Simpan Kue Bolu Italia ( Pan di Spagna )  di dalam kulkas bila ingin dimakan di kemudian hari. Bisa juga di masukan ke dalam freezer dengan membungkus kue menggunakan plastik pembukus makanan Cling Wrap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar